Sejarah EFT ?

EFT adalah versi emosional dari akupuntur. Teknik penyembuhan timur akupuktur sendiri berusia sudah lebih dari 5000 tahun. Dr. John Diamond menulis tentang hubungan “sistim energi tubuh” dengan gangguan psychologis. Dari konsep ini dilahirkan cabang baru dari ilmu psychology, yaitu Energy Psychology.

Dr. Roger Callahan, seseorang yang juga sudah lama mempelajari sistim energi tubuh melahirlah teknik terapi yang kontroversial yaitu Tought field Therapy (TFT) atau juga dikenal dengan Callahan Technique.

Pada waktu itu di tahun 1980 Dr. Callahan sedang menangani Mary yang sudah bertahun-tahun dengan keluhan sakit kepala berkepanjangan dan mengalami mimpi buruk yang menakutkan karena intense aqua phobia. Hingga suatu hari, Dr. Callahan mencoba cara terakhir diluar batas ilmu psikoterapi. Dengan pengetahuan“sistim energi tubuh” yang didapat, Ia mecoba mentapping (mengetuk) dengan ujung jarinya ke bagian bawah mata. Setelah pulang Mary melaporkan phobianya hilang dan Ia berani mendekati kolam air dan memercikan air ke mukanya tanpa rasa takut. Sakit kepalanya hilang demikian juga dengan mimpi buruknya. Dari situlah Dr. Callahan menciptakanTought field Therapy (TFT).

Murid pertama yang belajar teknik TFT pada Dr. Callahan adalah Gary Craig. Karena tekniknya dirasakan rumit, Gary Craig menyederhanakan TFT menjadi teknik yang mudah dipelajari namun efektif yang dinamakan Emotional Freedom Technique (EFT). Ia memperkenalkan teknik ini ke seluruh dunia. Dan pada puncaknya Ia menawarkan menterapi para veteran perang Vietnam di VA (Veteran Administration) yang sudah puluhan tahun menderita Post traumatic Stress Disorder (PTSD). Dalam 6 hari Gary berhasil membebaskan 20 orang veteran dari penderitaan puluhan tahun karena perang Vietnam.


EFT yang ada sekarang merupakan "penyederhanaan" dari teknik penyembuhkan kuno yang terkenal rumit. Berikut ini adalah sejarah perkembangan EFT.


AKUPUNKTUR & AKUPRESUR

Pada bulan September 1991, Erika & Helmut Simon berjalan di Otztal Alps, daerah perbatasan Austria dan Italy. Disana mereka menemukan mayat yang masih utuh terendam dalam glacier (sungai dengan suhu dibawah titik beku). Di tubuh mayat tersebut terdapat tatto yang menandai titik tititk utama meridian tubuh. Setelah diuji dengan “carbon dating test”, ternyata mayat ini diduga berumur 5300 tahun.

 

Para ahli akupunktur modern berpendapat bahwa titik-titik akupunktur yang ditandai dengan tatto di tubuh mayat tersebut tentu telah di buat oleh seorang ahli akupunktur kuno yang sangat kompeten, mengingat ketepatan dan kompleksitas titik-titiknya. Karena itu, mereka berkesimpulan bahwa ilmu akupuntur telah berkembang jauh sebelumnya, mungkin sekitar 5.500 tahun yang lalu.

 

Akupunktur dan akupressur adalah contoh nyata penggunaan sistem energi tubuh untuk menyembuhkan pasien dengan berbagai gangguan fisik. Seorang ahli akupunktur menancapkan jarum ke beberapa titik yang kadang terletak jauh dari tempat rasa sakit,dan hasilnya, rasa sakit itu hilang.


Ahli akupressur dan reflexology menekan beberapa titik di kaki untuk menyembuhkan penyakit yang “jauh” dari kaki, seperti sakit ginjal, hipertensi, nyeri punggung, dsb nya. Mereka melakukan ini dengan hasil yang efektif karena mengetahui dengan tepat dimana ia harus menekan (atau menusukkan jarum) untuk menstimulasi sistem energi tubuh yang berhubungan langsung dengan sumber rasa sakit.


SEFT ® (Spiritual Emotional Freedom Technique) bekerja dengan prinsip yang kurang lebih sama dengan akupunktur dan akupresur. Ketiga teknik ini berusaha merangsang titik – titik kunci di sepanjang 12 jalur energi (energi meridian) tubuh yang sangat berpengaruh pada kesehatan kita.


Perbedaannya, SEFT ® menggunakan teknik yang lebih aman, mudah, cepat, dan sederhana, bahkan tanpa resiko, karena tidak menggunakan alat atau jarum. Hanya dengan jari telunjuk dan jari tengah kita yang di ketuk ketukkan ringan di beberapa titik meridian tubuh. Selain itu, dengan melibatkan Tuhan dalam proses energy psychology ini menjadikan SEFT mengalami amplfying effect sehingga spektrum masalah yang dapat diatasi juga jauh lebih luas meliputi fisik dan emosi, kesuksesan diri, kebahagiaan hati dan menjadikan jalan menuju personalgreatness (kemuliaan diri).





CHIROPRACTIC & APPLIED KINESIOLOGY

(Dr. George Goodheart)



Pada tahun 1964, Dr. George Goodheart, dokter ahli chiropractic (terapi pada pijatan tulang belakang untuk menyembuhkan berbagai penyakit fisik) mulai meneliti tentang ada tidaknya hubungan antara kekuatan otot, organ dan kelenjar tubuh dengan energy meridian. Ia mengembangkan satu metode yang dikenal dengan nama muscle testing dan memperkenalkan pada dunia, apa yang ia sebut sebagai “Applied Kinesiology”.

Kinesiologist mendiagnosa penyakit seseorang dengan cara menyentuh beberapa bagian otot tubuh. Mereka berasumsi bahwa penyakit di bagian dalam organ tubuh seperti jantung, paru-paru, liver, dsb nya berdampak akan melemahkan otot otot tertentu. Dengan merasakan otot – otot tertentu mana yang lemah, ahli kinesiology dapat menentukan organ tubuh mana yang sedang sakit. Prinsip prinsip ini ditindaklanjuti lebih jauh oleh salah satu murid Dr. George Goodheart, yakni seorang psikiater, pakar pengobatan holistic yang bernama Dr. John Diamond.

 

ENERGY PSYCHOLOGY

(Dr. John Diamond)



Dr. John Diamond adalah fellow member of the Royal Australian and New Zealand College of Psychiatry, anggota pendiri The American Holistic Medical Association dan mantan Presiden The International Academy of Preventive Medicine.


Beliau adalah salah satu pioneer yang menulis tentang “Hubungan Sistem Energy Tubuh dengan gangguan psikologis”. Konsep ini mendasari lahirnya cabang baru Psychology yang dikenal dengan ENERGY PSYCHOLOGY, yaitu terobosan baru di bidang psychology yang menggabungkan prinsip-prinsip kedokteran timur dengan psukologi. Dalam konsep energy psychology, kita menggunakan sistem energi tubuh untuk mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku. Teori Energy Psychology ini menjadi pondasi bagi lahirnya Tought Field Therapy (TFT) yang dipelopori oleh Dr. Roger Callahan.





TOUGHT FIELD THERAPY ™

(Dr. Roger Callahan)



Roger J. Callahan, PhD, dikenal dengan terapi konvensionalnya yang menggegerkan dunia psikoterapi, yaitu Tough Field Therapy (TFT) atau juga dikenal dengan nama Callahan Technique. Dr. Callahan adalah psikolog klinis, Lulusan the University of Michigan, dan mendapat gelar PhD dalam bidang Clinical Psychology dari Syracuse University, New York, USA.


Pada tahun 1980, Dr. Roger Callahan sedang berusahan membantu kliennya yang bernama Marry. Keluhan Marry adalah intense aqua phobia (sangat takut air).Marry mengeluh merasakan sakit kepala berkepanjangan dan mengalami mimpi buruk yang menakutkan, keduanya berhubungan dengan aqua phobia. Dia telah pergi dari therapist ke therapist selama beberapa tahun terakhir tanpa hasil yang memuaskan. Dr. Callahan pun sudan mencoba membantu Marry dengan berbagai metode psikoterapi konvensional selama satu setengah tahun tanpa ada perkembangan yang berarti.


Hingga suatu hari, Dr. Roger Callahan mencoba satu cara penghabisan di luar batas ilmu psikoterapi. Dengan didorong rasa ingin tahu atas hasil belajarnya tentang ”Sistem Energy Tubuh”, Dr. Callahan mencoba ’Mengetuk’ (Tapping) dengan ujung jari telunjuknya ke bagian kelopak mata Marry, dalam waktu kurang dari satu menit, tiba tiba Marry berteriak dan mengatakan bahwa rasa tidak enak di perutnya akibat dari rasa ketakutan pada air hilang. Dan setelah pulang, Marry melaporkan bahwa phobianya terhadap air sama sekali hilang.

 

  1. Ia telah mencoba mendekati kolam renang, yang selama ini paling ditakutinya. Bahkan telah berhasil menyentuh air kolam dan memercikkan ke muka wajahnya, tanpa rasa takut atau sakit kepala.Demikian pula, mimpi buruknya pun tak pernah terjadi lagi. Ia sembuh secara total dari water phobia.


    Dr. Callahan merasa sama herannya dengan Marry, lalu ia mencoba teknik yang sama (tapping) ini ke ratusan pasiennya, dan hasilnya mengejutkan, ”It’s work !!!” Maka mulailah Dr. Roger Callahan mengumumkan penemuannya ini, tetapi rekan seprofesinya mencemooh dan mentertawakannya karena teknik ini dianggap sama sekali tidak ilmiah (dalam kacamata psikoterapi konvensional). Dengan semangat menggebu – gebu, Dr. Callahan terus mewartakan kepada dunia tentang penemuannya ini. Ia mendemontrasikan di depan kamera televisi, diwawancarai radio dan di liput media massa – termasuk dalam acara talkshow Oprah. Ia telah menghasilkan beberapa karya buku, diantaranya :
    1. Five Minute Phobia Cure.
    2. The Rapid Treatment of Panic, Agoraphobia & Anxiety
    3. Why do I eat when I’m not hungry ?
    4. Stop the nightmares of trauma.
    5. Tapping the healer within.

    Dalam waktu singkat, reputasi Dr. Roger Callahan meningkat dan melambung. Ia menjadi selebritis di bidang penyembuhan gangguan emosi secara instan. Ditengah kecaman para koleganya, ia terus berjalan mempublikasikan penemuan barunya ini. Tapi sayangnya, Dr. Roger Callahan agak jual mahal.

     

    Ia menjual teknik barunya ini dengan harga relatif sangat mahal. Bagi yang ingin berobat dan sembuh, ia harus membayar sekitar US $ 3000. Bagi yang ingin belajar menguasai teknik TFT ini, harus siap merogoh koceknya s/d US $ 10.000. Bahkan Dr. Roger Callahan telah menciptakan sebuah alatdiagnostic gangguan sistem energi tubuh lewat suara yang di beri nama ”Voice Technology”. Alat ini dijual seharga US $ 100.000. Dan orang yang pertama membeli alat ini adalah Gary Craig.



    EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE ™

    (Gary Craig)


    Callahan Technique atau Tough Field Therapy (TFT), walaupun sangat spektakuler hasilnya, tetapi cukup rumit bagi orang awam. Untuk menguasainya diperlukan training yang tidak mudah dan tidak murah. Maka kita semua berhutang budi pada salah satu murid Dr. Roger Callahan yang paling antusias belajar TFT, yaitu Gary Craig.


    Dari Gary Craig inilah istilah EFT (Emotional Freedom Technique) dilahirkan. Ia menyederhanakan TFT hingga menjadi sebuah teknik yang lebih mudah dipelajari dan lebih murah serta efektif menyelesaikan masalah. Gary Craig telah menguji efektivitas EFT secara ekstensif, baik pada kasus berat maupun ringan, dan merumuskan tekniknya secara sistematis, mudah dicerna orang awam dan mudah pula di praktekkan.


    Selama beberapa tahun, sejak tahun 1991, Gary Craig berkeliling Amerika untuk menawarkan terapi gratis. Ia mempresentasikan dan menerapkan EFT kepada ribuan orang, ia hadir diacara – acara sosial, seperti arisan, Club gathering, dan kebaktian gereja. Puncaknya, ia menawarkan dirinya untuk menterapi para veteran Perang Vietnam di VA (Veteran Administration) yang telah puluhan tahun menderita PTSD (Post Traumatic Stress Disorder). Para veteran perang yang malang ini, selama belasan tahun telah ditangani belasan psikoterapis tanpa menunjukkan hasil positif yang signifikan. Ajaibnya, dalam 6 (enam) hari, Gary Craig berhasil membebaskan 20 orang veteran dari penderitaan emosi yang telah mereka derita selama puluhan tahun.


    Gary Craig adalah seorang insinyur lulusan Stanford University, tetapi misteri perilaku manusia selalu memikat hatinya. Selama 40 tahun terakhir, dia terus menerus mencari metode yang paling sederhana, cepat, dan ampuh untuk mengatasi gangguan emosi serta memberdayakan diri. Ia sempat berfikir untuk meneruskan studinya di bidang psikologi, tetapi ia enggan karena ternyata, menurutnya kebanyakan teori psikologi dan psikoterapi Cuma indah didalam text book tetapi tidak atau kurang efektif di kehidupan nyata.


    Para psikoterapis yag terlatihpun membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkan pasiennya (kadang hingga bertahun-tahun), melalui proses yang melelahkan, baik secara fisik maupun psikologis dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Hal ini, menurut pengakuan Gary Craig, membuatnya terdorong untuk mencari alternatif lain, dari pada meneruskan studinya di bidang psikologi.


    Setelah bergelut dengan ratusan buku pengembangan diri, belajar langsung dari para pakar pengembangan diri, dan dengan penuh semangat terus mencari metode baru yang lebih sederhana tapi efektif, sampailah Gary Craig pada salah satu teknologi baru dalam Human Performance, yaitu NLP (Neuro Linguistic Programming). Ia telah belajar NLP hingga tingkat Master Practitioner dan berhasil mempraktekkannya dengan hasil yang cukup memuaskan.


    Hingga suatu hari, ia mendengar tentang penemuan Dr. Roger Callahan yang membuatnya terpikat dan menghabiskan biaya US $ 110.000 untuk bisa dilatih langsung Dr. Roger Callahan hingga mahir menggunakan TFT dan sekaligus membeli alat Voice Technology buatan Dr. Roger Callahan.


    Satu hal yang mengganggunya adalah bahwa metode yang diajarkan Dr. Roger Callahan sangat rumit dan tidak praktis. Karena itu, ia terpanggil untuk menyederhanakan agar penemuan yang sangat berharga ini dapat dinikmati dan dipraktekkan oleh orang awam sekaligus. Maka di tangan Gary Craig lahirlah EFT (Emotional Freedom Technique) dari jerih payah sang maestro ini.


    Gary Craig menghabiskan waktunya bertahun tahun untuk menguji coba tekniknya ini, menyempurnakannya serta mengajarkan secara massal. Yang lebih menggembirakan lagi, Gary Craig telah mendermakan EFT ini untuk kepentingan umat manusia. Ia membuat EFT tersedia dengan harga relatif terjangkau oleh hampir semua orang.





    EFT FOR PEAK PERFORMANCE

    (Steve Wells)



    Salah satu murid Gary Craig adalah seorang psikolog klinis dari Australia, Steve Wells. Steve Wells mengembangkan EFT lebih jauh lagi. EFT di tangan Gary Craig lebih banyak digunakan untuk penyembuhan, namun oleh Steve Wells diperluas kegunaannya, yakni untuk meningkatkan prestasi (Peak Performance).

    Sebelum mengenal EFT, Steve Wells adalah psikolog klinis yang lebih banyak bekerja untuk anak-anak. Setelah belajar EFT dari Gary Craig, ia menjadi salah satu pelatih mental bagi atlit nasional Australia. Ia memberikan jasa executive coach dan therapy menggunakan EFT.


    Beberapa karya buku yang telah diterbitkan Steve Wells diantaranya::

    • New Energy Therapy : Rapid change technique for emotional healing (bersama Dr. David Blake).
    • Rose and The Night Monster, A children’s book on EFT(bersama Jo Wiese).
    • Pocket Guide to Emotional Freedom



    Saat ini, Steve Wells menjadi pembicara dan konsultan international di bidang Peak Performance. Secara berkala, beliau memberikan pelatihan EFT di Australia, Eropa, Amerika, dan Singapore.